UMAR BIN KHATTAB

Belakangan gw lagi suka dengerin cerita tentang Umar Bin Khattab.
menurut gw sahabat Rasulullah SAW ini yang paling greget. ada beberapa cerita dan kutipan dari kata-kata dia yg greget banget

Ketika orang lain menyembunyikan keislamannya, Umar baru masuk Islam malah langsung memberi tahu Abu Jahal, orang yang paling benci Islam dan Jamil bin Ma’mar Al Jumha, seorang raja gosip nomer satu di Mekah. Si Jamil berteriak di hadapan publik bahwa Umar keluar dari agama nenek moyang mereka. seketika satu mekah datangi umar menanyakan.
Wahai Umar, apa benar kamu murtad?
jawab umar, Tidak. tapi Ashadualla Ilahailallah wa Ashadu anna muhammadar rasulullah. maka seketika itu mereka mengeroyoki umar dari pagi sampai maghrib. sampai umar capek, ditangkapnya pemimpinnya lalu didudukkan pemimpin itu ketanah. lalu umar mengatakan. “kalau kau tak suruh mereka berhenti mengeroyoki saya, maka akan saya butakan matamu” . akhirnya dia berkata kepada anak buahnya. lepaskan umar karena umar gila ingin membutakan mataku. akhirnya dibebaskan.
keesokan harinya umar sehabis mandi keliling ka’bah sambil mengatakan Ashadualla Ilahailallah wa Ashadu anna muhammadar rasulullah diiklankan islam lalu dikeroyoki lagi dari pagi sampai maghrib. sampai capek lalu ditangkapnya lagi lalu didudukkan lalu bilang. kalau kau tak suruh mereka bubar, maka saya akan membutakan matamu. akhirnya mereka bubar lagi. keesokan harinya di hari ketiga juga sama sampai maghrib berantem lagi.
pada hari keempat begitu umar keliling ka’bah sambil mengatakan Ashadualla Ilahailallah wa Ashadu anna muhammadar rasulullah tidak ada lagi yang berani melawan umar.

kejadian yang greget lainnya yaitu pada saat umat islam ingin hijrah.
umat islam yang lain hijrah ke madinah dalam sembunyi-sembunyi  kecuali umar. pada sat itu umar sudah memakai baju perangnya bawa pedang lalu thawaf. orang-orang tau bahwa umar mau keluar. setelah thawaf umar berkata “Siapa yang mau istrinya jadi janda dan siapa yang mau anaknya jadi yatim (maksudnya dia mati) maka temui saya di belakang bukit ini karena saya mau hijrah ke madinah”

berikut nasehat-nasehat umar yang sangat menyentuh kalau misalnya membahas masalah taubat :

jika kau ingin mencela pada seseorang(menemukan cela pada seseorang) dan engkau hendak mencacinya, maka caci-lah dirimu dulu karena cela-mu lebih banyak darinya..
jika engkau ingin memusuhi seseorang, maka musuhilah perutmu dulu. karena tidak ada musuh yang lebih berbahaya bagimu selain perutmu..
jika engkau ingin memuji seseorang, maka pujilah allah. karena tidak ada seseorang yang lebih dalam dalam memberi kepadamu dan lebih lembut dan santun kepadamu selain allah.
jika engkau ingin meninggalkan sesuatu, maka tinggalkanlah kesenangan dunia. karena bila engkau meninggalkannya maka engkau akan terpuji
bila engkau akan bersiap-siap akan sesuatu, maka bersiap-siaplah untuk mati. karena jika engkau tidak bersiap untuk mati, engkau akan menderita, rugi dan juga penuh dengan penyesalan
bila engkau ingin menuntut sesuatu, maka tuntunlah akhirat. karena engkau tidak akan memperolehnya kecuali engkau mengejarnya

UMAR BIN KHATTAB

sumber :

Leave a comment